Pengenalan Fotografi Digital

Banyak sekali perbedaan antara fotografi digital dan fotografi film (analog). Pertama-tama terdapat perbedaan yang sangat besar pada teknik perekaman gambarnya (image recording). Film menggunakan teknologi kimia, sedangkan digital menggunakan teknologi elektronika. Dengan demikian terjadi perpindahan teknologi kerja secara menyeluruh.
Hal ini juga membawa dampak besar pada aspek kreatifnya, misalnya komposisi perannya berkurang, peranan yang lebih besar saat ini adalah bagaimana kita mengembangkan desain dan ide (gagasan) untuk sebuah tampilan gambar.

Apa yang harus diperhatikan untuk mendapatkan gambar yang kita inginkan ? Gambar digital adalah gambar langsung jadi (instan), kita bisa mengevaluasi dan menyempurnakannya saat itu juga. Hal ini membawa perubahan yang sangat besar pada prosedure kerja kreatif.
Selain kamera dan teknik pemotretannya, kita juga bisa mengolah gambar dengan komputer, kita bisa menyempurnakan tampilan gambar, atau merobah total bentuk, warna maupun membuat gabungan beberapa gambar. Akibatnya kreatifitas dengan sistem elektronik menjadi tak terbatas.

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *