Seminar Di Fakultas Teknik UNHI !!

Seminar Teknik UnhiTema : Jalan Layang Di Bali Ditinjau Dari Aspek Teknologi, Agama dan Budaya.

Masalah transportasi tidak bisa dipisahkan dari padatnya aktivitas masyarakat. Kemanapun masyarakat pergi, mereka memerlukan alat dan sarana transportasi. Alat ini terkait kendaraan yang digunakan sedangkan sarana berupa jalan atau jalur yang menghubungkan suatu tempat ke tempat yang lain.

Di Bali, pesatnya pertumbuhan ekonomi memberi dampak pada tingginya kepemilikan alat transportasi. Namun kapasitas jalan terus terdesak hingga menimbulkan masalah, salah satunya kemacetan. Sebagai daerah kunjungan wisata Bali hendaknya mampu memberikan kenyamanan kepada wisatawan dan penduduk lokal dalam berlalu lintas. Berkaitan dengan hal tersebut, upaya yang mungkin dapat dilakukan adalah salah satunya dengan pembangunan jalan layang. Kapan jalan layang di Bali akan menjadi kenyataan ?

Gagasan pembangunan jalan layang di Bali sebenarnya sudah tercetus beberapa tahun silam. Namun, wacana ini tenggelam di balik menguatnya kekhawatiran sementara masyarakat Bali mengenai kemungkinan tercemarnya kesucian proses ritual umat Hindu di Bali. Bali sebagai pulau yang memiliki spesifikasi budaya yang diilhami oleh agama Hindu dengan tata ruang yang jelas berpijak pada Tri Hita Karana. Ulu teben, suci dan tidak suci sebagai implementasi konsepsi rwa bhineda yang masih dipraktekkan dalam kehidupan masyarakat.

Berkenaan dengan hal tersebut kami Fakultas Teknik UNHI mencoba menghadirkan para pakar dalam bidangnya dalam sebuah seminar nasional.

Hari/Tgl. : Kamis, 18 Desember 2008

Waktu : 09.00 s/d 13.00 Wita

Tempat : Aula Widya Sabha UNHI

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *